Minggu, 04 Maret 2012

TAJRID ASMA’ AL-SHAHABAH


A.        Pendahuluan
1.   Latar belakang masalah
Hadist merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Quran, secara fungsi Hadist bisa menjadi penjelas bagi Al-Qur’an sehingga keshahihan Hadis merupakan hal yang sangat urgen yang harus diperhatikan oleh umat islam, Hadist sangat berbeda dengan Al-Qur’an, Hadist memiliki kompleksitas serta masalah tersendiri yang berbeda dengan Al-Quran sebut saja, Hadist memerlukan periwayatan yang shoheh untuk dapat diterima dan diamalkan matan Hadist bisa berupa lafdi atau maknawi sedangkan lafad Al-Quran bersifat qat’i .
Hadist memiliki dua hal yang harus diperhatikan dalam segi diterima dan ditolaknya hadis, yaitu matan dan sanad. Sanad merupakan usaha ulama’ dalam menjaga agar kemurnian Hadist dapat terjaga sehingga riwayat hidup individu periwayat harus diketahui supaya hal yang dikeluarkan dari periwayat tersebut dapat dipercaya kebenarannya.
Fenomena ini direspon oleh imam Adz-Dzahabi dengan karangan beliau yang berjudul Tajrid Asma’ As-Shahabah, kitab ini secara terperinci memberikan informasi tentang riwayat hidup para shahabah nabi baik yang berdomisili di Madinah atau diluar Madinah, sehingga diharapkan kegelisahan akademik dapat terselesaikan,
Dalam pembahasan kitab Rijalul Hadist, metode yang digunakan para ulama/berbeda-beda ada yang mengunakan metode senioritas, metode mu’jam bahkan ada yang mengunakan metode pengklasifikasian area. Oleh sebab itu dianggap perlu bagi editor untuk merumuskan metode yang digunakan dalam kitab Tajrid Asma’ As-Shahabah, yang akan dijelaskan pada bab-bab selanjutnya.
2.   Rumusan masalah
1)      Siapakah Adz-Dzahabi itu?
2)      Metode apa yang digunakan dalam penulisan kitab Tajrid Asma’ As-Shahabah?
3)      Bagaimana sistematika penulisan kitab Tajrid Asma’ As-Shahabah?
4)      Bagaimana penilaian ulama muslim serta orientalis terhadap kitab tajrid Asma’ As-Shahabah?

B.        Pembahasan
1.   Sebuah cerita singkat biografi Adz-Dzahabi
Adz-Dzahabi yang memiliki nama lengkap Al-Imam Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Ustman bin Qiamaz bin Abdullah Adz-Dzahabi laqab-nya Samsyuddin Adz-Dzahabi Dengan melihat nasab Adz-Dzahabi  yaitu dari maula Bani Tamim, sejak kecil beliau sangat konsen dalam mendalami ilmu agama dikarenakan arahan dan bimbingan dari para keluarga dekat beliau, sehingga tidak mengherankan kalau beliau merupakan ulama’ahli Hadist yang menjadi panutan dalam khazanah keilmuan Islam.
Adz-Dzahabi dilahirkan dikota Mayyafariqin Diyar Bakr dinegara Turkmenistan Ia dikenal dengan kekuatan hafalan, kecerdasan, kewara’an, kezuhudan, kelurusan aqidah dan kefasihan lisannya, keahlian beliau dalam ilmu hadist dimulia sejak beliau berumur 18 tahun sejak itu beliau berkonsentrasi dalam mendalami ilmu hadist Hasrat intelektual adz-Dzahabi begitu tinggi sehingga menjadikan dirinya menguasai pelbagai disiplin ilmu pengetahuan keislamanan.
Tentang tahun kelahiran beliau, beliau lahir pada tahun 673 H dan wafat pada tahun 748 H, sejak kecil beliau sudah diajari berakhlakul karimah sehingga pertumbuhan remaja beliau sampai dewasanya beliau terkenal berbudi baik oleh sebab itu tidak mengherankan banyak ulama’ besar islam saling memuji kredibilitas beliau baik dari segi intelektualitas dan juga dari prilaku beliau yang sangat bagus, untung tak dapat diraih malang tak dapat dicegah  pada tahun 741 H beliau mengalami kebuta’an sehingga setelah kejadian itu beliau menghentikan kegiatan beliau yaitu tulis menulis kitab dan beralih menjadi seorang guru sampai beliau wafat pada tahun 748 H, meskipun demikian beliau memiliki banyak karangan kitab menurut riwayat hampir mencapai 100 kitab yang menjadi kitab rujukan bagi para intelektual muslim.
Perjalanan rihlah intelektual beliau sangat panjang, Beliau menuntut ilmu sejak usia dini dan ketika berusia 18 tahun menekankan perhatian pada dua bidang ilmu: ilmu al-Qur’an dan Hadits Nabawi. Beliau menempuh perjalanan yang jauh dalam mencari ilmu ke Syam, Mesir, dan Hijaz (Mekkah dan Madinah). Beliau mengambil ilmu dari para ulama di negeri-negeri tersebut. Diantara para ulama yang menjadi guru-guru beliau adalah:

1)      Syaikul Islam Ibnu Taimiyah
Yang mana beliau sangat mengidolakan ibnu taimiyah dengn indikasi bahwa beliau meletakkan nama ibnu taimiyah dideretan paling awal dalam kitam mu’jam as-syuyukh
2)      Al-Hafizh Jamaluddin Yusuf bin Abdurman Al-Mizzi
3)      Al-Hafizh Alamuddin Abdul Qasim bin Muhammad Al-Birzali
Ketiga orang diatas merupakan guru-guru beliau yang sangat mempeganruhi perjalanan intelektual beliau. Akan tetapi tidak hanya kepada ketiga ulama’ itu saja Adz-Dzahabi berguru tapi masih banyak lain yang beliau kumpulkan dalam kitab beliau yang berjudul Mu’jam As-Syuyukh. Diantaranya adalah umar bin Qawwas, Ahmad bin Hibatullah bin Asakir, Yusuf bin Ahmad Al-Ghasuli, Abdul Khaliq bin Ulwan, Zainab binti Umar bin Kindi, Al-Abuqi, Isa bin Abdil Mun'im bin Syihab, Ibnu Daqiq Al-Ied, Abu Muhammad Ad-Dimyathi, Abu Al-Abbas Azh-Zhahiri, Ali bin Ahmad Al-Gharrafi, Yahya bin ahmad Ash-Shawwaf, At-Tauzari, masih banyak lagi yang lainnya.
Imam Adz-Dzahabi tidak hanya menjadi murid bagi ulama’ besar tapi beliau juga mengabdikan diri mereka dalam menyebarkan keilmuannya adapun murud-murid beliau banyak sekali diantaranya adalah Tajuddin as-Subki, Muhammad bin Ali al-Husaini,    al-Hafizh Ibnu kasir, al-Hafizh Ibnu Rajab, dan masih banyak lagi selain mereka
Adz-Dzahabi merupakan ulama’ ahli hadist yang sangat produktif dalam mengarang kitab terbukti dari jumlah kitab yang beliau karang hamper mencapai 100 kitab yang meliputi berbagai disiplin, adapun hasil buah tangan beliau antara lain:

1.   Al-'Uluww li Al-'Aliyyil Ghaffar
2.   Taariikh Al-Islaam
3.   Siyar A'laam An-Nubalaa'
4.   Mukhtashar Tahdziib Al-Kamaal
5.   Miizaan Al-I'tidaal fii Naqd Ar-Rijaal
6.   Thabaqah Al-Huffazh
7.   Al-Kaasyif fii man Lahu Riwaayah fii Al-Kutub As-Sittah
8.   Mukhtashar Sunan Al-Baihaqii
9.   Halaqah Al-Badr fii 'Adadi Ahli Badr
10. Thabaqat Al-Qurra'
11. Naba'u Dajjal
12. Tahdziib At-Tahdziib
13. Tanqiih Ahaadiits At-Ta'liiq
14. Muqtana fii Al-Kuna
15. Al-Mughnii fii Adh-Dhu'afaa'
16. Al-'Ibar fii Khabar man Ghabar


17. Talkhiish Al-Mustadrak
18. Ikhtishar Taarikh Al-Kathib
19. Al-Kabaair
20. Tahriim Al-Adbar
21. Tauqif Ahli Taufiq fii Manaaqib Ash-Shiddiq
22. Ni'mas Samar fii Manaaqib 'Umar
23. At-Tibyaan fii Manaaqib 'Utsman
24. Fath Al-Mathalib fii Akhbaar 'Alii bin Abii Thalib
25. Ma Ba'da Al-Maut
26. Ikhtishar Kitaab Al-Qadar li Al-Baihaqi
27. Nafdh Al-Ja'bah fii Akhbaar Syu'bah
28. Ikhtishar Kitab Al-Jihad, 'Asakir
29. Mukhtashar Athraafi Al-Mizzii
30. At-Tajriid fii Asmaa' Ash-Shahaabah
31. Mukhtashar Tariikh Naisabuur, Al-Hakim
32. Mukthashar Al-Muhallaa
33. Tartiil Maudhuu'at, Ibn Al-Jauzii



Beliau wafat pada malam Senin 3 Dzulqa'dah 748 H di Damaskus, Syiria, dan dimakamkan di pekuburan Bab Ash-Shaghir. Semoga amal kebaikan beliau diberikan balasan yang pantas disisi Allah. Amin allah humma amin
2.   Seputar kitab Tajrid Asma’ Ash-Shahabah
·                     Latar belakang penyusunan dan Penamaan kitab
Imam Adz-Dzahabi merupakan pakar sejarah islam yang memiliki keahlian dibidang sejarah islam dari zaman rasul sampai zaman pada masanya, ini merupakan sebuah refleksi bagi baliau dalam menuangkan keahlian beliau, beliau merasa memiliki kewajiban dalam menulis kitab ini dikarenakan kemampuan beliau yang mumpuni, oleh sebab itu hal yang melatar belakangi penulisan buku ini adalah beliau sendiri.
Kitab Tajrid Asma’ As-Shahabah merupakan kitab ringkasan dari kitab Ibnu Astir, sesuai dengan namanya Tajrid dalam bahasa arab memiliki arti peniadaan, peringkasan atau penyempitan sehingga Adz-Dzahabi memilih nama ini untuk kitab yang beliau karang
Pada sisi lain kitab ini hanya memuat para perawi dari tingkatan shahabah, ini sesuai dengan namanya yaitu Tajrid Asma As-shohabah yang artinya ringkasan nama-nama para shahabah sehingga pada gilirannya editor memilih nama pada makalh ini menjadi Tajrid Fi Tajridi Asma’ As-Shohabah dikarenakan editor meringkas kitab ini yang semula berjumlah dua jilid menjadi dua belas lembar foto polio.
·                     Isi kitab
Sebagaimana lazimnya kitab-kitab yang dikarang ulama’ muslim, Adz-Dzahabi memulai mengarang kitab dengan memberikan Muqadimah yang diawali pujian kepada Allah SWT, didasari dengan pujian kepada Allah-lah sehingga menurut hemat penulis Adz-Dzahabi sangat tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan yang berupa materi, tanpa terkecuali beliau menghaturkan sholawat ta’dhim kepada baginda Rasulullah SAW.
Adz-Dzahabi merupakan ulama’ Hadist yang sangat produktif dalam mengarang kitab, terbukti hampir 100 kitab telah dikarangnya, ini menjadi jaminan bahwasanya kredibilitas Adz-Dzahabi dalam berbagai disiplin ilmu tidak bisa diragukan lagi, adapun salah satu hasil karya monumental beliau adalah Tajrid Asma’ As-Shahabah yang mana secara jelas beliau mengucapkan dalam muqadimah bahwasanya kitab ini merupakan hasil penyaringan dari kitab yang dikarang oleh Imam Izzuddin Bin Atsir Abi Al-Hasan Bin ‘Ali Bin Muhammad Al Jazari (555-630)[1]
Sebagaimana telah diterangkan dalam muqadimah kitab Tajrid Asma’ As-Shohabah bahwasanya kitab ini merupakan hasil filterisasi dari kitab imam Ibnu Astir yang berrefrensikan pada kitab rijal yang berjumlah empat kitab antara lain:
1)      Kitab Rijal Shohabat karya Ibnu Mandah
2)      Kitab Rijal Shohabat karya Abi Nuaim
3)      Kitab Rijal Shohabat karya Abu Musa Al-Asbahanayain yang mana kitabnya Abu Musa ini merupakan lampiran dari kitab Ibnu Mandah
4)      Kitab Rijal Shohabat karya Ibnu Abdil Barr.
Serta penambahan dari Imam Izzuddin Bin Atsir Abi Al-Hasan Bin ‘Ali Bin Muhammad Al Jazari itu sendiri dalam kitab Usdul Ghobah demi terbentuknya kitab Rijalul Hadist yang memuat sejarah hidup para perawi khususnya para shohabat yang komperhensif.
Kamudian Imam Adz-Dzahabi dalam upaya penyempurnaan kitab ini beliau memberikan tambahan informasi yang berupa data-data tentang shohabat dengan spesefikasi antara lain :
1)        Sejarah shahabat didaerah Hams
2)        Sejarah sahabat didaerah Damaskus
3)        Dan juga segolongan dari musnadnya Imam Ahmad
4)        Beberapa shohabat dari musnadnya Baqi bin Mukhlid
5)        Beberapa golongan dari kitab Isti’ab
6)        Tidak terkecuali menganmbil dari kitab thabaqatnya Muhammad bin Said yang terkhusus pada pembahasan shahabat perempuuan
7)        Dan juga beberapa shohabat yang dikumpulkan oleh Abu Fath yang bergelar Sayyidun Nash
Kamudian didalam kitab ini imam adz-dzahabi memaparkan pendapat para ulama’ tentang jumlah shohabat, sebagaimana pendapat yang terkumpul antara lain:
1)      Pendapat Imam Syafi’i beliau berkata : “ ketika nabi Muhammad meninggal dunia urang islam berjumlah enam puluh ribu, tiga puluh ribu berdomisili di Madinah dan tiga puluh ribu diselain Madinah”
2)      Pendapat Abu Zahra Ar-Razi beliau berkata : “ ketika Rasulullah wafat ada lebih dari seratus ribu manusia”
3)      Begitu juga Al-Hakim rawi meriwayatkan dari nabi bahwa mereka berjumlah empat ribu manusia
Akan tetapi Imam Adz-Dzahabi meyebutkan bahwa secara riwayat mereka berjumlah seribu lima ratus sampai dua ribu. Sedangkan Adz-Dzahabi menduga bahwasanya yang disebutkan dalam kitabnya berjumlah delapan ribu shahabat dan sebagian dari mereka tidak diketahui riwayatnya.[2]
3.   Sistematika penulisan kitab
Kitab Rijalul Hadits merupakan kitab yang sangat penting dalam perkembangan keilmuan hadis pada dewasa ini, karena dengannya kita dapat dengan mudah mencari sejarah riwayat hidup para perawi hadist yang mana akan sangat mempengaruhi kualitas hadist dari segi sanadnya, hampir lebih dari ratusan bahkan ribuan kitab yang membahas tentang Rijal Al-Hadist dengan berbagai metode dan pendekatan yang digunakan oleh setiap pengarang kitab.
Dengan adanya perbedaan dalam metode penulisan kitab rijal, diharapkan akan mampu mewarnai dan memberikan kelebihan serta kekurangan bagi setiap kitab yang dikarang seperti contoh kitab Usdul Ghobah yang penulisannya secara alfabetis atau yang lebih dikenal dengan mu’jam, dan ada juga kitab yang hanya menuliskan para perawi yang dhoif dan senioritas dan juga lain-lainnya.
Kitab Tajrid Asma’ Shohabah yang menjadi konsentrasi editor dalam pembahasannya, maka editor juga menyertakan sistematika kitab ini. Al-Imam Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Ustman bin Qiamaz bin Abdullah yang lebih dikenal dengan panggilan Adz-Dzahabi menyusun kitab ini dengan metode alfabetis (mu’jam)atau menyebutkan mana shohabah dengan dimulai dari huruf hamzah kemudian disusul dengan nama shohabah yang memiliki nama depan ba’ dan sampai seterusnya yang diakhiri dengan nama shohabah yang memiliki nama depan ya’
Pengunaan metode mu’jam dalam kitab ini tidak terlepas dari kitab yang menjadi refrensi utama yaitu kitab Usdul Ghobah yang mana Usdul Ghobah juga mengunakan metode mu’jam, akan tetapi keterangan dalam Usdul Ghobah sangat panjang tidak seringkas dalam kitab tajrid asma’ as-shohabah.
Selain dengan mengunakan metode alfabetis Adz-Dzahabi juga mengunakan beberapa simbol dalam menjelaskan informasi tentang riwayat hidup shohabah. Dengan jalan menyertakan simbol akan mempermudah dalam menunjukan rujukan atau berasal dari kitab apa shohabat itu disebutkan yang ditaruh diakhir nama shohabat tersebut. untuk lebih jelasnya kita lihat tabel ini
No
Simbol
Sumber
1
د
Kitab rijal abi mandah
2
ع
Kitab rijal abi nuaim
3
ب
Kitab rijal abi abdil barr
4
س
Kitab abi musa al-asbahanayain





B
begitu juga dalam kitab Tajrid Asma’ As-Shohabah karya Adz-Dzahabi juga memberikan simbol yang berada di awal nama shohabat yang berfungsi untuk menyebutkan perawi yang yang meriwayatkan dari kutubus sittah untuk lebih jelasnya kita lihat tabel berikut:

No
Simbol
Sumber
1
ه
Musnad Ahmad
2
د
Meriwayatkan 1 Hadist dari Baqy
3
س
Meriwayatkan 2 Hadist dari Baqy
4
ع
Kutubusittah

Untu

 lebih menjelaskan simbol-simbol diatas maka editor ingin mencantumkan salah satu contoh pengunaan
 
Dari keterangan symbol-simbol diatas maka Adz-Dzahabi mengambil keterangan shohabat diatas dari kitabnya  Abi Abdil Barr, Abi Mandah, Dan Abi Nuaim serta Adz-Dzahabi memberikan keterangan bahwasanya perawi ini diambil dari kitab Musnad Ahmad.


4.   Penilaian ulama’
·                     Terhadap pengarang
Komentar atau penilainan pada seorang ulama’ merupakan metode yang sangat bagus dalam penyeleksian  riwayat yang disampaikan darinya, sehingga terjaga dari kesalahan-kesalahan informasi atau hadist yang disampaikan, oleh sebab itu tradisi jarh atau ta/dil pada seorang perawi selalu dilakukan disetiap zaman dan pada setiap orang yang menyampaikan informasi.
Adz-Dzahabi merupakan tokoh panutan ulama’ hadist, beliau memiliki track record yang sangat bagus dibidang kajian keilmuan hadist terlebih yang menyangkut pembahasan sejarah para perawi hadist sehingga tiak mengherankan apabila beliau memiliki beberapa kitab yang secara rinci ataupun global membahas biografi dan riwayat hidup para periwayat hadist.
Tradisi jarh wa ta’dil atau penilaian terhadap Adz-Dzahabi merupakan sesuatu yang wajar dan merupakan keharusan dalam penyeleksian informasi yang disampaikan darinya. Para kritikus yang wa ta’dil pada adz-dzhabi antara lain:
1.         Ahmad bin Ali bin Hajar Al-Asqalani As-Syafi’i berkata : ”tidak ditemukan oarang yang melebihi kemahiran adz-dzahabi pada kaum dimasanya.” [3]
2.         Muhammad bin Ali As-Syaukani berkatan : “beliau (adz-dzahabi)merupakan pakar sejarah dalam islam.”[4]
3.         Al-Imam Ibnu Nashruddin ad-Dimasyqi berkata: “Beliau merupakan tanda kebesaran Allah dalam keilmuan rijal hadist, panutan dan sandaran dalam jarh wa ta’dil dikarenakan beliau sangat berkompeten dalam mengetahui cabang-cabang dan pokok ilmu jarh wa ta’dil, imam dalam qiraat, faqih dalam pemikiran, sangat paham dengan madzhab-madzhab para imam dan para pemilik pemikiran, penyebar sunnah dan madzhab salaf di kalangan generasi selanjutnya.’[5]
4.         Abu Abdurrahman bin Badr bin Hasan bin Mufarraj An-Nabilisi berkata : “Beliau pakar zamannya dalam hal perawi dan keadaaan-keadaan mereka, tajam pemahamannya, cerdas, dan ketenarannya sudah mencukupi dari pada menyebutkan sifat-sifat nya.”[6]
5.         Abu Fada’ Ismail Ibni kasir Al-Qurasyi Ad-Damasqy  berkata : “ beliau (adz-dzahabi) adalah guru besar atau Al-Hafidz Al-Kabir, dan juga merupakan seorang ahli atau pakar dibidang sejarah islam, dan merupakan ulama’ hadis yang terkenal dan penutup para muhadisin dan huffadznya.’[7]
6.         Ash-Shafadi berkata, “Beliau seorang hafizh yang tidak tertandingi, penceramah yang tidak tersaingi, mumpuni dalam hadits dan rijalnya, memiliki pengetahuan yang sempurna tentang ‘illah dan keadaan-keadaannya, memiliki pengetahuan yang sempurna tentang biografi manusia. Menghilangkan ketidakjelasan dan kekaburan dalam sejarah manusia. Beliau memiliki akal yang cerdas, benarlah nisbahnya kepada dzahab (emas). Beliau mengumpulkan banyak bidang ilmu, memberi manfaat yang banyak kepada manusia, banyak memiliki karya ilmiah, lebih mengutamakan hal yang ringkas dalam tulisannya dan tidak berpanjang lebar. Aku telah bertemu dan berguru kepadanya, dan membaca banyak dari tulisan-tulisannya di bawah bimbingannya. Aku tidak menjumpai padanya kejumudan, bahkan dia adalah faqih dalam pandangannya, memiliki banyak pengetahuan tentang perkataan-perkataan ulama, madzhab-madzahab para imam salaf dan para pemilik pemikiran.”[8]
·                     Terhadap kitab
1.         Ahmad bin Ali bin Hajar Al-Asqalani As-Syafi’i berkata : “ didalam kitab ini (tajrid asma’ as-shahabah) tercakup banyak beografi para periwayat hadist, sehingga sudah mencukupkan bagi manusia dalam mempelajari para periwayat hadis dari para shahabat.’[9]
2.         Abi Umar bin Abdi Barr berkata : “ kitab Tajrid Asma’ As-Shahabah merupakan kitab yang lengkap dalam penyebutan nama-nama shahabat serta terdapat penjelasan yang memudahkan manusia dalam mempelajari shahabat.”[10]
5.   Kritikan Orientalis terhadap kitab Tajrid Asma’ Ash-Shahabah
1.      Joseph Schact dalam artikelnya mengkitik kitab ini dia berkata:” bagaimana bisa Adz-Dzahabi memberikan penilain pada para sahabat padahal dalam konsep hadist terdapat istilah As-Shahabah Kulluhum Udul, akan tetapi kritikan ini tidak tahan lama karena para ulama menjawabnya dengan argument yang disandarkan pada ucapan Ibnu Astir dalam muqadimahnya yaitu kitab ini (Usdul Ghobah ) bukan merupakan kitab Tarjih atau Ta’dil pada shohabah akan tetapi hanya memberikan Informasi serta data-data tentang shahabah
C.        Penutup
1.   Kesimpulan
Dari makalah yang disajikan oleh editor maka dapat diambil beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan Adz-Dzahabi serta kitabnya yang berjudul Tajrid Asma’ As-Shahabah antara lain :
a.       Nama lengkap Adz-Dzahabi adalah Al-Imam Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Ustman bin Qiamaz bin Abdullah Adz-Dzahabi beliau lahir tahun 673 wafat tahun 748 beliau lahir dikota dikota Mayyafariqin Diyar Bakr dinegara Turkmenistan
b.      Kitab Tajrid Asma’as-Shahabah merupakan kitab ringkasan dari kitab Ibnu Astir yang berjudul Usdul Ghobah
c.       Metode yang digunakan dalam kitab ini adalan alfabetis atau mu’jam
d.      Terdapat symbol-simbol yang menggambarkan sumber pengambilan perawi
e.       banyak dari ulama’ meberikan komentar yang baik kepada imam Adz-Dzahabi



Daftar Pustaka

Muhammad bin ali as-syaukani , badru at-tholi’ bi mahasini ba’da al-qara’ as-sabi’, jilid 1(CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),
Al-Imam Ibnu Nashruddin ad-Dimasyqi, raddul wafir, jilid 1 (CD-Rom: Al-Maktabah As-Syamilah)
Ahmad bin alii bin hajar al-asqalani, durar al-kamina fi a’yani mi’ati tsaminah, jilid 1 (CD-Rom: Al-Maktabah As-Syamilah)
Abu Fada’ Ismail Ibni kasir Al-Qurasyi Ad-Damasqy, al-bidayah wa al-nihayah, (CD-Rom: Al-Maktabah As-Syamilah)
Ahmad bin ali bin hajar al-asqalani, lisanul mizan,  jilid 1(CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),
Ash-Shafadi, al-wafa bi al-wafayat, (CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),
Suryadi, metodologi ilmu rijalul hadist, (Madani Pustaka Hikmah, 2003, Yogyakarta)




[1] Yang dimaksud oleh editor adalah kitab usdul ghobah fima’rifati shohabah yang mana kitab ini merupakan kitab yang mengumpulkan hampir 7554 biografi shohabah. Akan tetapi kitab ini tidak hanya menerangkan kembali kitab usdul ghobah karena adz-dzahabi memberikan tambahan-tambahan referensi dari kitab lain serta pengalaman sendiri dari beliau.
[2] Ibnu hajar berkata dalam muqadimah kitab al-ishobah :” saya membaca dari kitab tajrid asma’ shohabah yang karang oleh adz-dzahabi dan disana memuat sekitar delapan ribu sejarah hidup para perawi sahabat kemudian saya cocokkan dengan kitab usdul ghobah yang dikarang oleh ibnu astir berjumlah tujuh ribu liratus lima puluh empat”
[3]Muhammad bin ali as-syaukani , badru at-tholi’ bi mahasini ba’da al-qara’ as-sabi’, jilid 1(CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),
[4] Muhammad bin ali as-syaukani , badru ............(CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),   
[5] Al-Imam Ibnu Nashruddin ad-Dimasyqi, raddul wafir, jilid 1 (CD-Rom: Al-Maktabah As-Syamilah)
[6] Ahmad bin alii bin hajar al-asqalani, durar al-kamina fi a’yani mi’ati tsaminah, jilid 1 (CD-Rom: Al-Maktabah As-Syamilah)
[7] Abu Fada’ Ismail Ibni kasir Al-Qurasyi Ad-Damasqy, al-bidayah wa al-nihayah, (CD-Rom: Al-Maktabah As-Syamilah)

[8] Ahmad bin ali bin hajar al-asqalani, lisanul mizan,  jilid 1(CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),
[9] Ash-Shafadi, al-wafa bi al-wafayat, (CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),
[10] Ahmad bin ali bin hajar al-asqalani, lisanul ............(CD-Rom: al-Maktabah al-Syamilah),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar